Trending

Makanan dan mode? Enak sekali ..

Makanan dan mode? Enak sekali ..

Dapur telah menjadi tempat nongkrong desainer. Dunia fashion resmi memasuki dapur di tahun 2016, dimulai ketika Dolce & Gabbana meluncurkan lemari es Smeg dekoratif mereka. Dilukis dengan tangan di kota Sisilia, kulkas ini dijual dengan harga 30.000 poundsterling. Koleksi ceret, pemanggang roti, dan juicer “Divina Cucina” yang penuh warna pun menjadi ide pemikiran duo Italia, Dolce & Gabbana.

Sejak itu dimulai era dimana para designer terkenal dunia memasuki ranah gastronomi. Duo Italia, Dolce & Gabbana, adalah perintis yang membuat hubungan antara makanan dan mode.

Sekarang, duo Italia ini telah menambahkan ide kompor tradisional ke dalam campuran aneka warna. Kompor Victoria di desain geometris dengan warna-jeruk atau gaya majolica biru dan putih, sehingga terkesan menatap pemandangan mitologi Yunani sambil menyiapkan sajian arancini.

Jauh di tahun 1992, Dolce & Gabbana menampilkan Naomi Campbell ke atas catwalk mengenakan bra yang dihiasi dengan kata-kata "tomat & kentang". Sejak itu membuat gaun pasta, gelato, dan manusia penjual sayur menjadi bahan inspirasi pokok para designer dunia di lemari pakaian musim panas.

Perancang Fendi pun terkena ide si duo Italia dengan meminta arsitek Marco Costanzi, dalang di balik markas besar Milan mereka, untuk menciptakan "Fendi Cucine" yang sangat indah (pertama kali diperkenalkan di Salone del Mobile tahun ini). Ini fitur pulau dapur yang luas, lemari es anggur berjendela dan ruang penyimpanan yang menjulang tinggi yang menggemakan tampilan dan nuansa mewah dari toko mereka. Memasak tidak pernah terlihat seindah ini.


Makanan dan mode? Enak sekali ..


Ranah fashion memasuki ranah gastronomi tidak hanya sebatas untuk mata. Ada makanan juga. Gabriela Hearst dan Peter Pilotto dari AW 18, memberi makan para editor mode dan pembeli yang duduk di barisan depan mereka. Di mana pun ada makanan enak, itu selalu pengalaman yang lebih baik. Demikian dikatakan Hearst tentang keputusannya menyajikan koleksi pakaian kerja wanita mewahnya di Café Altro Paradiso Manhattan di atas piring burrata, pangsit ricotta malfatti, salad adas dan panna cotta. Hearst memilih restoran Spring Street karena interior pedesaannya yang hangat dengan kehandalan memasak master chef Ignacio Matto yang sangat progresif.

Gabriela Hearst berpendapat di rumah tidak ada toko Chanel, jadi kemewahan datang dari jalan lain. Menikmati makanan bersama keluarga dan teman adalah bagian besar dari ritual fashion. Hearst menghabiskan waktu pertunjukan di dapur restoran, merumput di atas prosciutto. Ini adalah selingan utama di saat acara hiruk-pikuk New York Fashion Week bagi orang-orang membutuhkan bahan bakar alias makanan adiboga (fine dine)

Dengan demikian apakah makanan mempengaruhi mode? Ya, secara abstrak & itu bahasa Latin dalam diri saya, kata Gabriela Hearst. Mendesain pakaian sangat mirip memasak dimana harus memiliki bahan yang tepat.

Bagi perancang terkenal London, Molly Goddard, para pecinta fashion & designer merasa sangat peduli tentang pengasuhan gastronomi dan lebih banyak tentang masa-masa indah di saat menikmati makanan. Presentasi hedonistiknya AW18 melihat landasan pacu berubah menjadi dapur restoran industri, di mana model-model pakaian kaya warna, berlama-lama di sekitar meja kerja stainless-steel, mengunyah roti sambil diseduh dengan anggur merah.

Molly Goddard yang sangat mencintai ide berpakaian yang luxury, baginya dapur dengan segala sajian hidangannya adalah tempat berpesta. Makanan selalu menjadi bagian besar inspirasi Goddard karena ini tentang bersosialisasi. Goddard adalah pionir estetika dapur terbuka di tampilkan di St John di Clerkenwell.

Tabek
Indrakarona Ketaren
Indonesian Gastronomy Association


Previous Post Next Post